Bisnis

Malas Olahraga Saat Puasa? Ini Tips Biar Tetap Fit Kala Ramadan

Lakukanlah jenis-jenis olahraga yang ringan dan tidak terlalu memforsir tenagamu. Jika kamu biasanya melakukan olahraga berat saat tidak berpuasa, namun saat berpuasa kamu harus lebih menguranginya. Nah, untuk mengetahui cara berolahraga secara efektif saat bulan puasa, berikut Popmama. com telah merangkum 3 tipsnya secara eksklusif dari Soraya Larasati. ngegym Jika kamu ingin latihan yang lebih dahsyat, maka datanglah di malam hari usai buka puasa atau tarawih. Misal kamu seminggu sebanyak 5-6 kali ke tempat gym, saat puasa buat jadi 3 kali saja.

Jalan santai bisa membuat tubuh menjadi sehat, menjaga daya tahan tubuh menjadi lebih kuat, dan bisa membantu membakar kalori pada tubuh. Yoga adalah olahraga yang bisa membantu menyehatkan tubuh dan pikiran. Melakukan olahraga yoga bisa membantu mengurangi rasa stres, meningkatkan kebugaran, dan menyehatkan mental. Hindari minum kopi, teh, dan soda, karena mengandung kafein yang bersifat diuretik.

Melakukan jalan santai saat berpuasa, bisa membantu menjernihkan pikiran, dan juga bisa membuat suasana hati jadi lebih senang. Jalan santai bisa dilakukan saat Sahabat Fimela pergi membeli takjil di dekat rumah, membeli sayuran di pasar, atau jalan-jalan di komplek.

tips olahraga saat puasa

Sehingga kamu dapat mengontrol struktur latihan dan kebutuhan nutrisi kamu sehari-hari. Bagi kamu yang belum terbiasa berolahraga dan ingin menggunakan kesempatan bulan Ramadan ini sebagai waktu untuk memulai olahraga, cobalah untuk olahraga ringan seperti jalan kaki. Pada malam hari orang dewasa membutuhkan jam tidur sekitar 7 hingga 8 jam. Agar tidak telat saat sahur, hindarilah begadang di malam hari. Tidur siang bisa dilakukan sekitar 1 hingga 2 jam saja, karena tidur siang bisa membantu meningkatkan kualitas tidurmu. Jalan santai juga bisa membantu mengontrol kadar gula darah, menjaga kesehatan pada jantung, dan meringankan nyeri sendi.

Atau sebaliknya, katanya, olahraga bisa dilakukan sebelum waktu sahur, jangan sesudah sahur. Jika olahraga di bulan-bulan biasa bisa dilakukan di pagi hari atau kapan saja, olahraga di bulan Ramadhan bisa diatur waktunya, baik mendekati berbuka maupun sebelum sahur. Untuk olahraga sebelum sahur, dokter spesialis olahraga lulusan Universitas Indonesia itu menyebut bahwa itu berguna untuk memberikan energi sepanjang hari. Kemudian, setelah berbuka, Donny menyebut olahraga dapat dilaksanakan setelah makan yang porsinya tidak berlebihan. Simak informasinya seperti dirangkum dari Global News, Minggu (19/4/2020). Yoga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tapi juga memberi efek positif bagi kesehatan mental. Olahraga ini tidak terlalu menguras tenaga ketika dilakukan saat berpuasa.

Efek diuretik artinya membuat lebih sering buang air kecil, dan ini dapat menyebabkan dehidrasi. Untuk memperbaiki jaringan otot yang lelah saat berolahraga, Anda perlu mengonsumsi makanan tinggi protein, seperti telur, daging, dan ikan. Hindari makanan dengan lemak jenuh, misalnya gorengan, serta makanan yang terlalu manis.

Tentukan frekuensi olahraga kamu dalam satu minggu berdasarkan kemampuan fisik, ketersediaan waktu, dan target latihanmu. Lebih baik untuk melakukannya minimal tiga kali dalam satu minggu. Kalau kamu memiliki target spesifik seperti kompetisi atau kejuaraan yang harus diikuti dalam waktu dekat, lebih baik untuk berkonsultasi dengan pelatih olahragamu.

Hindari melakukan olahraga di ruangan yang bersuhu tinggi, apalagi saat puasa karena rentan mengakibatkan dehidrasi dan badan lemas. Olahraga yang fokus pada peregangan dan teknik pernapasan ini bisa menjaga tubuh tetap fit. Selain itu, yoga juga bisa menguatkan otot dan meningkatkan konsentrasi. Bahkan, akan lebih baik bila dilakukan di tempat yang punya gemericik air yang menenangkan. Temukan berbagai kebutuhan gaya hidup aktif dan sehat Anda, mulai dari peralatan olahraga, snack rendah kalori, produk perawatan wajah dan tubuh, serta vitamin dan suplemen. Jika kamu menginginkan latihan lebih dari tiga kali, pastikan kamu dalam keadaan fit dan dapat melakukan latihan atau olahraga tersebut. Namun, kamu juga boleh melakukan latihan satu atau dua kali saja dalam satu minggu jika tubuhmu tidak cukup kuat.